andy

Kamis, 08 Maret 2012

makalah tentang IT


KATA PENGANTAR
Puji syukur Kami haturkan kehadirat Allah swt atas rahmat dan karuniaNya, sehingga Kami telah dapat menyusun sebuah makalah sebagai bahan presentasi kelompok dalam Mata Kuliah Umum “Ilmu Kealaman Dasar”. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut andil dalam penyelesaian makalah ini.
Materi yang disajikan dalam makalah ini yaitu mengenai “Perkembangan Teknologi Masa Kini”.
Kami menyadari masih ada kekurangan dalam makalah ini, oleh karena itu Kami dengan lapang dada menerima kritik serta saran yang membangun bagi kesempurnaanya. Kedepannya Kami berharap semoga makalah ini dapat dijadikan sebagai salah satu bahan rujukan ilmu pengetahuan bagi pembaca.
Terima Kasih, wassalam.
Padang, April 2011
Penyusun
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR…………………………………………………………………………….1
DAFTAR ISI………………………………………………………………………………………2
BAB I PENDAHULUAN
A.     LATAR BELAKANG…………………………………………………………………3
B.     TUJUAN………………………………………………………………………………4
BAB II PEMBAHASAN
A.     PERKEMBANGAN TEKNOLOGI MASA KINI……………………………………6
B.     PENGARUH PERKEMBANGAN TEKNOLOGI…………………………………..8
C.     PERKEMBANGAN TEKNOLOGI DI INDONESIA………………………………10
BAB III PENUTUP
KESIMPULAN………………………………………………..…………………………11
DAFTAR PUSTAKA……………………………………………………………………………12
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Teknologi merupakan suatu sarana yang digunakan intuk memenuhi kebutuhan hidup manusia. Beberapa teknologi dewasa ini merupakan penerapan teknologi sains dalam kehidupan sehari-hari.
Dari hari ke hari, dari tahun ke tahun, perkembangan teknologi semakin berkembang pesat. Setiap diri manusia berusaha ingin mengembangkannya setiap saat guna mendapatkan kepuasan yang diinginkan. Kepuasan yang bisa membuat mereka merasa nyaman dan bahagia di dunia ini. Kepuasan yang bisa membuat semua orang merasa lebih sejahtera.
Manusia diberi oleh Tuhan Yang Maha Kuasa akal dan ilmu. Karena akal dan ilmu itulah yang membuat kita bisa mencapai taraf hidup yang lebih baik seperti sekarang. Akal dan ilmu adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Akal dan ilmu yang dimiliki oleh manusia akan terus berkembang seiring dengan majunya peradaban. Seiring dengan banyaknya manusia menemukan hal – hal yang baru atau keajaiban – keajaiban baru di dunia. Mereka akan terus mengembangkan akal dan ilmunya demi menguak segala rahasia atau keajaiban di dunia ini. Demi mempelajari segala kenikmatan dan anugrah yang telah diberikan oleh Tuhan Yang Maha Kuasa.
Semakin maju suatu peradaban, berarti perkembangan teknologi juga akan semakin pesat. Perkembangan teknologi dinilai sangat bermanfaat bagi kesejahteraan hidup manusia. Banyak macam teknologi yang sudah dikembangkan dan itu membuat hidup manusia dari hari ke hari semakin lebih baik.
Kita sebagai generasi penerus bangsa, baik yang sedang berjalan maupun yang dipersiapkan  untuk masa yang akan datang, dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara tidak bisa terhindar dari dampak perkembangan teknologi. Kita jangan sampai tergilas oleh roda perkembangan teknologi, sehingga hidup kita menjadi beban bangsa dan negara, tidak mandiri atau bergantung pada pihak lain, sehingga hidup kita menjadi tamu di negara sendiri yang pada gilirannya di gambarkan seperti tikus/ayam mati kelaparan di lumbung padi.
Dengan beberapa alasan tersebut di atas kita sebagai penerus bangsa perlu mengetahui dan menigkatkan wawasan kita tentang perkembangan teknologi, paling tidak kita bisa memanfaatkan teknologi tersebut sebagai aplikasi ibadah sosial. yang ganjarannya buat kita sendiri dan menjadi bekal untuk hidup di akhirat nanti. Selain itu, kita dapat menangkal dan menghindar dari dampak teknologi yang berdampak negatif sehingga terhidar dari perbuatan tercela yang tidak diridloi oleh Allah swt.
B. Tujuan
Tujuan penulisan makalah ini adalah menyediakan informasi tentang perkembangan teknologi sehingga di harapkan bagi generasi penerus bangsa dapat membangkitkan semangat untuk tekun belajar agar menjadi kreatif dan inovatif. Akhirnya pada gilirannya generasi penerus tersebut diharapkan tergugah sehingga mulai mencermati potensi sumberdaya alam dan potensi sumber daya manusia indonesia. Jika generus tersebut sebagai birokrat diharapkan dapat memicu gerakan-gerakan cinta akan Iptek untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi di Negara Kesatuan Republik Indonesia tercinta. Salah satu atau kesemuanya peran dan fingsi tersebut diatas menjadi lapangan amalan baik dalam konteks ibadah sosial.
Dalam pemahaman perkembangan teknologi cakupannya tidak terlepas dalam pembahasannya meliputi aspek riset/penelitian dan pengembanganya. Produk riset tersebut dapat berupa data, informasi dan teknologi, sedangkan pengembangan berupa aplikasi teknologi pada skala operasional / bisnis. Produk teknologi dalam berbagai bidang, baik langsung maupun tidak langsung, pada akhirnya bermuara pada penguatan ekonomi dan ketahanan bangsa dan negara. Untuk mencapai muara tersebut maka akan terlibat proses-proses atau kegiatan antara lain invensi, penerapan, inovasi, difusi teknologi, alih teknologi, dan nano teknologi. Untuk memahami istilah-istilah tersebut, pengertiannya seperti uraian di bawah ini.
  • Ilmu pengetahuan adalah rangkaian pengetahuan yang digali, disusun, dan dikembangkan secara sistematis dengan menggunakan pendekatan tertentu yang dilandasi oleh metodologi ilmiah, baik yang bersifat kuantitatif, kualitatif, maupun eksploratif untuk menerangkan pembuktian gejala alam dan/atau gejala kemasyarakatan tertentu.
  • Teknologi adalah cara atau metode serta proses atau produk yang dihasilkan dari penerapan dan pemanfaatan berbagai disiplin ilmu pengetahuan yang menghasilkan nilai bagipemenuhan kebutuhan, kelangsungan dan peningkatan mutu kehidupan manusia.
  • Invensi adalah suatu ciptaan atau penemuan baru yang belum ada sebelumnya yang memperkaya kebaikan serta dapat dipergunakan untuk menyempurnakan atau memperbarui ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah ada.
  • Inovasi adalah kegiatan penelitian, pengembangan, dan/atau perekayasaan yang bertujuan mengembangkan perepan praktis nilai dan konteks ilmu pengetahuan yang baru, atau cara baru untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah ada kedalam produk atau proses produksi.
  • Difusi teknologi adalah kegiatan adopsi dan penerapan hasil inovasi secara lebih ekstensif oleh penemunya dan/atau pihak-pihak lain dengan tujuan untuk meningkatkan daya guna potensinya.
  • Alih teknologi adalah pengalihan kemampuan memanfaatkan dan mengusai ilmu pengetahuan teknologi antar lembaga, badan, atau orang baik yang berada di lingkungan dalam negeri maupun yang berasal dari luar negeri ke dalam negeri dan sebaliknya.
  • Nanoteknologi adalah suatu teknologi yang dihasilkan dari pemanfaatan sifat-sifat molekul atau struktur atom apabila berukuran nanometer. Apabila molekul atau struktur atom dapat dibuat dalam ukuran nanometer (1-100 nm), maka akan menghasilkan sifat-sifat yang sangat mencengangkan, karena sangat berbeda dari sifat-sifat yang diperoleh jika material atau bahan tersebut dalam ukuran makroskopik (orde micrometer ataupun kast mata). Sifat-sifat baru inilah yang dimanfaatkan untuk keperluan teknologi, sehingga teknologi itu disebut nanoteknologi.
Disamping itu, makalah ini disusun sebagai tugas presentasi kelompok dalam Mata Kuliah Umum Ilmu Kealaman Dasar, di Universitas Negeri Padang.
BAB II
PEMBAHASAN
A.  Perkembangan Teknologi Masa Kini
Teknologi merupakan instrument utama masyarakat dalam mencapai kesejahteraan melalui penciptaan nilai tambah. Kajian mendalam telah menemukan bahwa teknologi sebenarnya merupakan hasil dari suatu proses yang terdiri dari rangkaian subproses penelitian dan pengembangan, invensi, rekayasa dan desain, manufaktur dan pemasaran. Disini teknologi modern didefenisikan sebagai ilmu pengetahuan yang ditransformasikan kedalam produk, proses, jasa dan struktur organisasi. Teknologi diciptakan manusia melalui penerapan budidaya akalnya, mereka teknologi berdasarkan ratio (nalar) dan kemudian membuanya, merekayasanya menjadi suatu produk yang kongkrit.
Perkembangan teknologi dan ilmu pengetahuan semakin lama semakin cepat dan peranannya bertambah lama bertambah penting. Pengemabangan ilmu pengetahuan berjalan aktif di segala bidang yaitu kesehatan, pertanian, ilmu ekonomi, ilmu sosial, ilmu pengetahuan alam dan sebagainya.  Akan tetapi jika diamati dengan lebih teliti ada empat bidang ilmu pengetahuan  dan teknologi strategis yang akan masa depan dunia, dan juga karena itu akan berkembang dengan cepat dan  dengan prioritas yangtinggi bagi umat manusia, yaitu Material, Energi, Mikroelektronik dan Bioteknologi.
1. Material (Bahan)
Salah satu negara yang mengembangkan teknologi bahan adalah Jepang.            Bahan yang dikembangkan Jepang adalah komposit, yaitu bahan karbon, plastik, logam dan keramik. Sehingga telah menciptakan bahan-bahan yang tahan terhadap panas dan mempunyai perbandingan kekuatan terhadap berat yang tinggi. Jepang yang unggul dalam memasarkan produk-produk barunya telah memikirkan aplikasi bahan-bahan tersebut untuk industri mobil, energi, serta bahan bangunan dengan pangsa pasar mencapai 32 milyar dolar.
Contoh lain mengenai ilmu bahan atau teknologi bahan adalah superkonduktor. Superkonduktor adalah bahan yang dapat mengantarkan listrik tanpa rugiyang disebabkan panas. Kemampuan superkonduktor untuk mengalirkan arus listrik besar sekali secara teoritis, konduktivitas maksimum dapat dicapai pada suhu minus 273 derajat Celsius.
2. Energi
Suplai energy surya dari sinar matahari yang diterima oleh permukaan bumi sebenarnya sangat luar biasa besarnya, yaitu mencapai 3 x  Joule pertahun. Jumlah energy sebesar itu setara dengan 10.000  kali konsumsi energy diseluruh dunia saat ini. Dengan kata lain, dengan menutup 0,1 % saja permukaaan bumi dengan perangkat solar sel yang memiliki efisiensi 10% sudah bisa untuk menutupi kebutuhan energy listrik di dunia saat ini. Perkembangan pesat dari industry sel surya dimana pada 2004 telah menyentuh level 1000 MW membuat banyak keluarga semakin melirik sumber energy masa depan yang menjanjikan ini. Hingga saat ini terdapat beberapa jenis solar sel yang telah dikembangkan oleh peneliti untuk mendapatakan perangkat solar sel yang  murah dan mudah dalam pembuatannya.
3. Mikroelekronik
Salah satu bidang teknologi tinggi yang sangat mempengaruhi peradaban manusia disaat ini adalah teknologi semikonduktor dan mikroelektronika. Bidang ini biasa dianalogikan dengan tiga kata bahasa Inggris yang mempengaruhi kehidupan modern, yaitu Computer, Component, dan Communication. Untuk komputer, topic utama dalam bidang ini adalah bagaimana membuat computer menjadi lebih cepat, lebih ramping dengan fungsi yang lebih kompleks dan konsumsi daya yang lebih kecil.
Kemajuan teknologi ini dapat terwujud karena transistor dibuat menjadi semakin kecil sampai dengan skala mencapai nanometer ( 1 nanometer = sepermiliar meter, atau sama dengan jumlah diameter 10 atom). Inilah yang menjadi dasar teknologi nano, yang ukuran bendanya berstruktur lebih kecil dari ukuran makro (makroskopik), tetapi lebih besar dari ukuran atom (mikroskopik). Di dunia sains, wilayah ini disebut mesoskopik, yang merupakan perbatasan antara fisika klasik dan fisika kuantum.
4. Bioteknologi
Ruang lingkup bioteknologi sangat luas cakupannya, antara lain adalah bidang kedokteran, pertanian, industry, penyediaan energy, penyediaan makanan dan beberapa bidang lainnya. Defenisi bioteknologi sendiri adalah : suatu teknologi yang menggunakan dan memanfaatkan organism biologis (hayati), baik system maupun proses, untuk mengahasilkan barang maupun jasa yang berguna bagi kesejahteraan manusia.
Penerapan bioteknologi akan mencapai tujuannya bila terjadi keterpaduan antara disiplin ilmu biokimia, mikrobiologi, genetika dan biologi molekuler, serta rekayasa proses dan teknik kimia.
Bioteknologi dikelompokkan dalam kategori tradisional dan modern. Bioteknologi tradisional ditekankan pada cara seleksi bahan, mikroba yang digunakan dan modifikasi  lingkungan untuk memperoleh produk optimal, misalnya pada pembuatan kecap, tempe, tape, roti, dan pengomposan sampah. Sedangkan bioteknologi modern melakukan manipulasi makhluk hidup untuk menghasilkan barang yang diinginkan, misalnya hormone, vaksin dan antibiotic.
Perkembangan bioteknologi semakin pesat sejalan dengan perkembangan rekayasa genetika pada pertenagahan tahun 70-an, terutama setelah ditemukannya cara mencangkokkan sepotong informasi genetika asing kedalam mikroba.
Rekayasa genetika telah membuat berbagai mikroba yang dapat mengahsilkan seenyawa berharga antara lain antibiotika, insulin (pengobatan diabetes), interferon (memerangi penyakit virus dan kanker), antibody monoklona (diagnoma medis) serta beberapa produk obat lainnya. Dalam bidang lain, teknologi kultur sel memungkinkan dilakukannya pengembangbiakan organism lengkap dari potongan (fragmen) tanaman. Dampak dari penelitian ini adalah dimungkinkannya varietas dan produk yang lebih unggul serta pemuliaan tanaman dalam waktu yang cepat.
Kloning
Kloning dalam bioteknologi diartikan sebagai reproduksi secara aseksual (tanpa melalui hubungan seksual) atau pengembangbiakan suatu makhluk hidup yang persis sama dengan induknya tanpa melalui suatu pembuatan. Jika dilakukan terhadap gen maka disebut gene cloning (pembiakan gen), dan jika dilakukan pada organism maka disebutorganism cloning (pembiakan organism/individu). Pada saat ini teknologi kloning telah dapat mengembangbiakkan hewan dengan keturunan yang sama persis dengan sifat induknya. Begitu juga telah ada pasangan suami istri yang sulit mendapatkan keturunan dan mendapatkan anak dengan cara kloning.
B. Pengaruh Perkembangan Teknologi
Teknologi kian hari semakin canggih, sehingga akan membuat kita dituntut untuk memilikinya. Keinginan atau hasrat manusia untuk hidup serba instant membuat kita akan terus berfikir dan berusaha untuk mewujudkannya. Perkembangan teknologi pun akan terus berkembang seiring berjalannya waktu, dan kita harus bisa memanfaatkan nya dengan sebaik mungkin dan jangan sampai merugikan kita.
Dalam peradaban manusia, kini teknologi informasi berkembang dengan sangat baik.
kemajuan teknologi itupun semakin menjalar, perangkat teknologi saat ini tidak hanya dipakai oleh kalangan tertentu tetapi sudah sangat meluas dari lingkungan kota hingga lingkungan pedesaan, dimana semuanya mungkin sudah dapat mengerti dasar dasar pemakaian alat teknologi informasi dengan mudahnya.
Semakin kedepan teknologi informasi ini semakin canggih dengan banyaknya fasilitas yang dapat kita gunakan (multimedia) bayangkan saja; saat ini hanya dengan komputer kita dapat melakukan aktifitas pekerjaan yang cakupannya sangat luas tergantung kita yang membutuhkan seperti menulis,print,pemrograman, perhitungan, pemutar audio-video, telekomunikasi dan internet yang membuat kita terhubung dengan dunia sekalipun.
Sejalan dengan perkembangan zaman, kemajuan teknologi internet juga semakin maju. Pada tahun 1999, jumlah komputer yang telah dihubungkan dengan internet di seluruh dunia mencapai lebih dari 40 juta dan jumlah ini terus bertambah setiap hari. Saat ini jumlah situs web mencapai jutaan, isinya memuat bermacam-macam topik. Tentu saja, situs-situs itu menjadi sumber informasi baik yang positif ataupun negatif. Informasi dikatakan positif apabila bermanfaat untuk penelitiaan. Di bawah ini akan dijelaskan dampak-dampak positif maupun negatif dari penggunaan internet:
Dampak  positif :
1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
Dampak negatif :
1. Mengurangi sifat sosial manusia karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
2. Dari sifat sosial yang berubah dapat mengakibatkan perubahan pola masyarakat dalam berinteraksi.
3. Pornografi
4. Kejahatan seperti menipu dan mencuri dapat dilakukan di internet (kejahatan juga ikut berkembang).
5. Bisa membuat seseorang kecanduan, terutama yang menyangkut pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut
C. Perkembangan Teknologi di Indonesia
Negara kita juga membutuhkan ilmu pengetahuan untuk memenuhi kebutuhan dasar seperti kesehatan, gizi dan air. Pengetahuan untuk bidang pertanian dan pembangunan wilayah seperti benih, diversifikasi (penganekaragaman) pertanian dan juga pariwisata juga masih sangat membutuhkan ilmu pengetahuan di bidang tersebut. Industri-industri tradisional juga masih memerlukan masukan ilmu pengetahuan dan yang penting, kita juga harus mempersiapkan diri menjadi negara industri dan jas.
Di Indonesia sebenarnya sudah di mulai dengan suatu langkah dan modal yang amat strategis dengan cara menempatkan posisi ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai politik negara, yaitu tercantum pada pasal 31 ayat 5 UUD 45. Ini menyiratkan dengan sangat tegas pemerintah boleh silih berganti, pemenang pemilu dan Presiden bisa siapa saja, tapi mengenai ilmu pengetahuan dan teknologi harus menjadi bagian yang wajib dilaksanakan. Intinya adalah, ilmu pengetahuan dan teknologi seharusnya juga menjadi basis  pembangunan pemerintah siapapun dan kapanpun di Indonesia, sepanjang UUD 45 itu tidak mengalami perubahan.
BAB III
KESIMPULAN
Seiring dengan majunya ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia, maka hal ini telah menimbulkan berbagai dampak dalam kehidupan manusia. Yang harus kita lakukan sebagai makhluk yang bertanggung jawab adalah memanfaatkan teknologi tersebut dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan norma dan nilai-nilai kebudayaan yang berlaku. Serta menghindari segala dampak buruk teknologi yang disalahgunakan.
Kemudian, mari kita berusaha belajar lebih giat untuk menjadi manusia yang penuh dengan inisiatif-inisiatif baru  dan ide-ide cemerlang untuk terus mengembangkan teknologi di masa depan, serta berlomba untuk mengaplikasikan dan menciptakan berbagai perangkat teknologi untuk kemudahan kehidupan. Sehingga kita dapat meningkatkan taraf hidup dan menciptakan kesjahteraan di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jgn lupa di sukai y?????????