andy

Minggu, 11 Maret 2012

tentang peripheral


apa fungsi program driver pada peripheral?
1.       mEmungkinkan adanya "interaksi" antara peripheral dgn mainboard kompi ybs.
2.       driver berfungsi untuk 'mengenalkan' peripheral baru sehingga peripheral tersebut dapat di kenali dan di gunakan oleh komputer,
3.       driver berfungsi untuk menghubungkan software dengan hardware
4.       penterjemah bahasa bagi yang akan memakai peripheral
Tes Formatif 2

  1. Apa fungsi program driver pada peripheral ?
  2. Bagaimana cara memasang dan menginstal printer ?
  3. Jika driver printer belum terinstal pada PC tapi printer tersebut sudah terpasang pada PC, apakah printer tersebut dapat berfungsi ? mengapa !

Jawab :

  1. Berfungsi untuk mentranslasikan fungsi-fungsi sistem operasi ke dalam perintah yang dimiliki oleh perangkat yang bersangkutan.
  2. Cara memasang printer
-      Tancapkan kabel printer pada printer dan konektor parallel port male/konektor USB port pada komputer dengan benar.
-      Pastikan catridge printer sudah terpasang dengan benar.
-      Hubungkan printer ke jala-jala listrik.
-      Dan pastikan ada aktivitas dalam printer tersebut (catrigde bergerak ).
-      Sampai langkah instalasi peripheral secara fisik sudah selesai.
-      Selanjutnya tinggal instalasi untuk sofware yaitu pemasangan driver.
Cara menginstal driver                                                                       
-      Masukan CD Driver bawaan printer tersebut
-      Setelah CD dimasukan, Windows akan secara otomatis menjalankan file eksekusi dan akan muncul kotak dialog seperti berikut : 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEivJZVN7WSl9yl8iqH_qBFrrGxyQf7xp8PoeMD0AXc939DVnnXGwJAX6KHKivPhFYJeyNhSNIRHLi2CPueXrjuxYzCKzB6tbsM8HFaYCaCyvsMPn6NSMHn5peXUsQybQ9_SevIvaDZVW6uN/s320/1.bmp
                                           
-      Setelah itu tekan tombol Next, untuk konfirmasi bahwa Anda akan menginstall driver tersebut. Dan setelah itu akan muncul kotak dialog seperti berikut :
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhRUA1N2Jn8uafNa_3iIvqjfDPrLw3mAb8VcaF1zoD3zbmNf5r_7-jyWrmucnpRkrra5KTjbpiYTAjcMAQt6Wvg0vwtkpcfS_kONI0MzqsNusdfzRNG79Yzy2c6SMI_nMqwEiRM0F__-0sl/s320/2.bmp

-         Klik tombol Start, untuk memulai proses instalasi dengan memilih option Printer Driver.

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgo-rdTrMDC1LJp6d3RfHy7sPaXjl_RQDEXz8zdLjV9owyxNVDelkYvGaB6jpyCtwCSyxK6mN8WeC48kof7jWgruTEe9a9Buj7JiIqvY1Kwu_ZHuw4Y_6ZAmJfcyGE62epehdpkBn5Nnhyphenhyphenh/s320/3.bmp

-        Setelah proses peng­-copy-an file selesai, akan muncul kotak dialog seperti gambar di bawah ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhQ75AQaFtH9zOVeh_66XZAN-APZKKoNEi8e5IskyCF99TNv9dW5qlzh2771XXJpJHEmq8SwkEodK6bkletekQFDWmuNhZXhzSajVUALIwr4Q5dXHt9JOz5fTKPHPC1f-CUpTcds_Tu3lWO/s320/4.bmp

-        Untuk selanjutnya tekan tombol Manual Selection untuk memilih port yang akan digunakan. Dan setelah itu akan muncul kotak dialog seperti berikut ini.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjU0198Knxr9b-m30XDdFK6rk0ttEKL5fHqFCB0j_I3vfi4S-hxVO_XNq-njwOPU2S1Sm4kNodXuRHjANLIYQT4-4Yc1bQovWj2_K0vW041z7lZtHy8GzQo0KizM2vBSifFGtov7ywOd6Ue/s320/5.bmp

-        Setelah pemilihan port selesai, tekan tombol Next dan proses instalasi akan selesai dan printer siap digunakan.
  1. Tidak dapat berfungsi , karena driver bawaan dari printer belum diinstal

Memasang Dan Menginstal Modem pada PC
Jika modem internal Cara memasangnya yaitu : pertama bukalah cashing computer, lalu pasanglah modem tersebut pada slot AGP dengan baik!. Setelah itu bautlah modem tersebut pada PC computer dengan mor/sekrup yang telah disertakannya. Kemudian tutuplah kembali cashing computer tersebut.
Cara menginstalasinya yaitu dengan langkah atau cara sebagai berkut:
1. Klik Start, pilih Settings,pilih Control Panel. Maka akan muncul window Control Panel.
2. Pada windows Control Panel, pilih icon Modem dan klik dua kali sehinga muncul window Instal New Modem (bagi yang pernah memasang modem sebelumnya makan akan tampil window Modem Properties. Bila kita ingin menambah driver modem baru, klik Add).
3. Windows dapat melakukan deteksi otomatis terhadap perangkat modem yang telah terpasang pada PC anda, tapi hal ini terbatas pada modem yang telah dikenali oleh Windows. Apabila kita memilih deteksi otomatis, maka kosongkan kotak Don’t detect my modem, lalu tekan Next.
4. Pada menu selanjutnya ditampilkan daftar modem yang telah dikenali dan tersedia drivernya oleh Windows. Pilih type modem yang sesuai dengan modem kita, lalu tekan Next.
5. Apabila file driver berhasil di ambil, maka akan muncul window mengenai driver tersebut. Pilih driver yang sesuai (bila lebih dari satu), selanjutnya tekan Next.
6. Setelah selesai, maka kita harus menentukan port komunikasi (COM) dimana modem tersebut terpasang. Sebagai contoh, dipilih port COM1 karena biasanya modem terpasang pada port tersebut (kecuali dipakai untuk media lain). Kemudian tekan Next.
NB:Pada bagian ini bila dilakukan dengan benar, maka modem akan terpasang pada PC anda. Klik Finish untuk mengakhiri setup modem Anda. Untuk melakuan koneksi internet, anda harus melakukan setting dial up untuk menentukan nomor telepon ISP yang menyediakan akses internet. Setelah selesai tahap ini, anda dapat melakukan setting dial up.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jgn lupa di sukai y?????????