andy

Minggu, 04 Maret 2012

persiapan sebelum melakukan perbaikan peripheral

http://videobelajar.com/merakitpc/images/main2.gif
  PERSIAPAN SEBELUM MELAKUKAN PERAKITAN KOMPUTER
1.1. Mempersiapkan Alat dan Bahan
Sistem komputer adalah satu kesatuan unit yang bertujuan untuk menghasilkan sebuah metode pengolahan data berjalan dengan baik. Sebuah sistem komputer terdiri dari tiga komponen utama yang tidak dapat dipisahkan, yaitu :
1.2. Hardware (perangkat keras)
Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Hardware ini terdiri dari:
  • Input / Output Device (I/O Device) terdiri dari perangkat masukan dan keluaran, seperti keyboard dan printer.
  • Storage Device (perangkat penyimpanan) merupakan media untuk menyimpan data seperti disket, harddisk, CD-I,dll.
  • Monitor /Screen merupakan sarana untuk menampilkan apa yang kita ketikkan pada papan keyboard setelah diolah oleh processor. Monitor disebut juga dengan Visual Display Unit (VDU).
  • Casing Unit adalah tempat dari semua peralatan komputer, baik itu motherboard, card, peripheral lain dan Central Procesing Unit (CPU). Casing unit ini disebut juga dengan System Unit.
  • Central Processing Unit (CPU) adalah salah satu bagian komputer yang paling penting, karena jenis processor menentukan pula jenis komputer. Baik tidaknya suatu komputer, jenis komputer, harga komputer, ditentukan terutama oleh jenis processornya. Semakin canggih processor komputer, maka kemampuannya akan semakin baik dan biasanya harganya akan semakin mahal.
1.3. Komponen-Komponen Komputer
  • Motherboard
    Motherboard juga sering disebut mainboard adalah papan utama dimana terdapat komponen mikroprocessor dan memory, BIOS dan chip kontroler lainnya. Terdapat pula slot ekspansi sebagai tempat untuk memasang kartu-kartu (card) tambahan yang berfungsi meningkatkan fasilitas yang ada pada komputer.
  • Processor 
    Mikroprosessor terpasang pada sebuah slot/socket yang sesuai dengan bentuk dan ukuran mikroprosessor tersebut. Terdapat beberapa jenis socket/slot yaitu Socket 370, Socket 7 dan Slot.
    Unjuk kerja dari suatu Processor dinyatakan dalam skala frekuensi per-detik atau Hertz dan pada umumnya komputer pada saat ini berada pada skala Mega-Hertz (MHz). Ada beberapa merk Processor yang beredar di Indonesia seperti : INTEL, CYRIX, IBM, AMD dan lain - lain. Namun yang paling popular di Indonesia saat ini adalah produk dari Intel, dan sudah meluncurkan sejumlah generasi antara lain :
Processor Pentium I : 75, 90, 100, 120, 133, 150, 166, 180, 200 (MHz).
Processor Pentium MMX : 166, 200, 233, 266, 300 (MMX).
processor ini adalah pengembangan dari Pentium Generasi I dimana sudah dapat mendukung penggunaan multimedia yang lebih cepat.
Processor Pentium II Celeron : 266, 300, 300A, 333, 333A (Celeron).
Processor Pentium II : 300, 333, 350, 400, 450 (MHz).
Processor Pentium III : 500, 600, 700 (MHz).
Processor Pentium IV : 1.5, 1.6, 1.7, 1.8, 2.0, 2.2 2.4, 2.5, 3.0 (GHz).
  • Memori
    Memori merupakan bagian yang penting dalam suatu komputer. Kinerja kerja komputer bisa didukung dengan baik jika tersedia memori yang banyak/besar. Makin banyak/besar memori suatu komputer maka makin baik kinerja kerjanya.
    Memori yang umum digunakan saat ini ada dua macam, yaitu memori EDO dalam bentuk SIMM (Single Inline Module Memori) dengan 72 pin dan memori SDRAM dalam bentuk DIMM (Dual Inline Module Memori) dengan 168 pin. Memori EDO dipasang secara berpasangan menurut slot memori yang tersedia pada mainboard. Sedangkan memori SDRAM bisa dipasang berdiri sendiri tiap kepingnya. Dan Perkembangan terbaru memori yaitu DDR.
Dalam pengkonfigurasian system operasi dikenal dua bentuk memori, yaitu :
  1. Physical Memory yaitu memori yang terdapat pada komputer secara fsik, yaitu berbentuk modul memori (RAM).
  2. Virtual Memory yaitu memori bayangan karena secara fisik memori ini tidak ada di mainboard komputer. Virtual momory merupakan memori yang dibentuk oleh system operasi dengan memamfaatkan sebagian kapasitas harddisk drive.
  • Display Adapter
    Kartu ini bertugas menampilkan data ke layar monitor.
Perkembangan display adapter adalah:
  1. MDA (Monochrome Display Adapter)
  2. CGA (Color Graphics Adapter)
  3. EGA (Enhanced Graphics Adapter)
  4. VGA (Video Graphics Adapter)
Untuk display adapter berjenis VGA berkembang pada slot yaitu ada VGA slot ISA, PCI dan AGP.
  • Multi I/O Card
    Berfungsi sebagai kontroler untuk komponen atau perangkat masukan dan keluaran seperti disk drive, printer, mouse dan lain-lain.
Pada card ini terdapat kontroler untuk:
  1. Floppy disk drive (FDC/floppy disk controller)
  2. Hard disk (HDC/Hard disk controller atau IDE controller)
  3. Printer (LPT Port)
  4. Gameport untuk joystik dan lain-lain
  5. Serial port (COM port/communication port atau RS-232)
  • Power Supply
    Alat ini gunanya untuk mencatu daya keseluruh rangkaian komputer, alat ini menghasilkan beberapa tegangan yang dibutuhkan oleh masing-masing komponen yang ada.
Saat ini terdapat dua macam power supply yaitu:
  1. Power supply AT, memiliki tegangan 5 volt, 12 volt.
  2. Power supply ATX, memiliki tegangan hampir sama seperti power supply AT, bedanya power supply ATX memiliki tambahan tegangan yaitu 3,3 volt. Hal ini memungkinkan komputer dalam keadaan stand by, yaitu komputer tidak aktif namun bila ada respon dari alat masukan maka komputer akan aktif kembali.
Ini memungkinkan komputer melakukan proses Wake-on Lan, yaitu komputer akan aktif secara otomatis begitu ada komputer lain yang mengaksesnya (untuk komputer yang terhubung dengan jaringan). Sedangkan komputer yang terhubung dengan modem dimungkinkan untuk melakukan remote ring on, yaitu komputer akan aktif secara otomatis saat modem dihubungi.
  • Casing
    Casing adalah kotak untuk seluruh komponen yang dirakit.
Sesuai bentuknya casing dibagi menjadi dua yaitu:
  1. Casing desktop, digunakan komputer yang dirancang untuk diletakkan di atas meja.
  2. Casing tower, digunakan komputer yang dirancang untuk diletakkan dengan posisi berdiri untuk menghemat ruang.
  • Ouput Unit
    Yaitu peralatan untuk mengeluarkan/mengoutputkan informasi sebagai hasil pengolahan data baik ke kertas, media rekam, maupun ke tampilan layar.
Monitor yaitu alat yang berfungsi untuk menampilkan data/informasi dalam bentuk teks dan grafik. Agar monitor dapat menampilkan teks dan grafik harus dihubungkan dengan Video Graphic Adapter Card (VGA Card).

Berdasarkan kemampuan grafisnya, monitor diklasifikasikan sebagai berikut:
  1. Monochrom
  2. Color Graphic Adapter (CGA)
  3. Enchanced Graphic Adapter (EGA)
  4. Video Graphic Adapter (VGA)
  5. Super Video Graphic Adapter (SVGA)
Standar monitor adalah SVGA yang dapat mendukung Video Graphic Adapter Card 1 Mb, 2 Mb, 4Mb, 8Mb atau lebih. Ukuran layar monitor : 14 inchi, 15 inchi, 17 inchi, 20 inchi, dan 21 inchi.
Printer yaitu alat mencetak informasi ke media kertas dan dapat diklasifikasi sebagai berikut :
  1. Printer Dot Matrix
  2. Printer Ink Jet
  3. Printer Sinar Laser
  4. Floppy Disk, yaitu cakram lentur yang populer disebut disket lentur seperti plastik dan terbuat dari bahan Ferro Magnetic yang berfungsi untuk menyimpan data. Ukuran floppy disk yang umum digunakan sekarang ini adalah 3.5” dengan kapasitas 1.44 Mb.
1.4. Alat Bantu
  1. Hard Disk merupakan media penyimpan yang paling banyak digunakan orang pada saat sekarang ini. Berbeda dengan disket yang hanya mampu menampung data 1,4MB, hard Disk mempunyai kapasitas yang lebih besar. Bahkan pada saat ini harddisk memiliki kapasitas 40 GB (Giga Byte, 1GB = 1024MB) dan gampang dijumpai.
Pada saat ini umumnya hard Disk dibedakan dalam dua tipe, yaitu:
  • Hard Disk dengan controller IDE (Integrated Drive Electronic)
  • Hard Disk dengan controller SCSI (Small Computer System Interface)
Hal-hal yang membedakan kedua hard Disk ini adalah:
  • Kecepatan akses dari hard Disk SCSI lebih tinggi dibandingkan hard Disk IDE, hal ini menyebabkan hard Disk SCSI banyak digunakan pada komputer kelas server.
  • Hard Disk SCSI menggunakan 50 pin konektor ke kontroler, sedangkan IDE hanya memiliki 40 pin konektor. Dengan demikian hard Disk SCSI akan tampak lebih lebar dibandingkan dengan hard Disk IDE.
Tabel berikut ini merupakan perbandingan transfer data pada beberapa type hard Disk.
Tipe Hard Disk Drive
Kecepatan Transfer Data (MB/S)
IDE Standard
4,1
Fast SCSI
10
Fast ATA
13,3
Fast ATA-2
16,6
Fast SCSI (baru)
20
Ultra ATA
3
  • CDROM, saat ini kita bisa menyimpan data ke dalam CD (Compact Disc), hal ini dimungkinkan dengan ditemukannya CD ROM yang bisa digunakan untuk merekam/membaca data ke dalam CD recordable (CD yang bisa ditulis). Bahkan lebih dari itu, sudah dimungkinkan proses baca tulis pada CD yaitu dengan media CD rewriteable (CD yang bisa ditulis ulang). Mengingat bentuk CD yang praktis dan kapasitasnya yang cukup besar (mencapai 700 MB per keping) maka CD merupakan alternatif baru media penyimpan pada komputer. Hal ini masih ditambah kecepatan akses datanya yang cukup cepat. Seperti halnya hard Disk, CD ROM drive pun ada yang menggunakan kontroler IDE dan SCSI.
  • Multimedia Device, ada beberapa perangkat multimedia yang umum digunakan seperti Sound Card, Graphic Accelerator Card, TV Tuner dan perangkat tambahan. Sound Card berfungsi sebagai alat untuk mengolah dan mengontrol suara, baik suara yang masuk dan suara yang keluar. Hal ini dimungkinkan karena pada Sound Card terdapat interface masukan (line in, mic dan MIDI) serta keluaran (line out/speaker out). Dengan bantuan program pengolahan suara maka dimungkinkan untuk memanipulasi suara dengan komputer. Bahkan saat ini sudah dimungkinkan untuk mengolah suara berkualitas tiga dimensi, beberapa produsen perangkat ini adalah Creative Labs, Ad Lib, ESS Technology Inc, dan Yamaha.
    Selain suara, media gambar merupakan salah satu komponen utama dalam multimedia. Saat ini telah berkembang teknologi di bidang graphic accelerator yaitu kartu graphic yang mampu mengolah gambar dengan kualitas dan kecepatan tinggi sehingga dimungkinkan untuk mengolah gambar berupa foto bahkan juga gambar bergerak berupa Video.
    Pada kartu graphic atau display adapter menggunakan teknologi AGP mempunyai akselerasi grafis yang jauh lebih baik daripada display adapter ISA maupun PCI dan local Bus (VESA).
    Selain itu ada perangkat TV Tuner yang memungkinkan komputer untuk menangkap siaran televisi dan menampilkannya pada layar monitor. TV tuner biasanya berupa kartu yang dipasang pada slot ekspansi. Selain TV tuner ada juga FM tuner yang memungkinkan komputer untuk menangkap siaran radio. Untuk melengkapi peralatan multimedia di atas ada beberapa perangkat tambahan seperti microphone dan speaker, scanner, kamera digital dan video kamera.
  • Communication Device, perangkat komunikasi utama pada komputer adalah modem yang berfungsi untuk mengubah sinyal/data digital dari komputer ke sinyal analog atau yang sesuai dengan media transmisi datanya, dan sebaliknya sehingga memungkinkan sebuah komputer berkomunikasi dengan komputer di tempat lain.
Secara fisik modem dapat dibedakan menjadi :
  • Modem Eksternal yaitu modem yang dipasang diluar main unit komputer dan terhubung pada port serial (COM port) di komputer. Keuntungan modem ini mudah untuk dipindahkan dan menggunakan sumber daya sendiri sehingga tidak mengurangi daya yang tersedia pada power supply komputer, dan juga mempunyai sistem pengaman tegangan sendiri sehingga jika terjadi kesalahan tegangan pada komputer atau pada modem tidak saling mempengaruhi.
  • Moden Internal yaitu modem yang berbentuk kartu dan dipasang pada salah satu slot ekspansi komputer sehingga secara fisik tidak tampak dari luar. Karena letaknya di dalam maka secara fisik modem ini tidak memakan tempat pada meja kerja.
Selain kedua jenis modem di atas, ada juga modem yang berbentuk kartu/card PCMCIA, yaitu kartu ekspansi yang digunakan pada komputer notebook yang biasa disebut dengan PC card. Modem jenis ini hanya digunakan oleh komputer jenis notebook.
Kecepatan transfer data pada modem biasa disebut dengan bit rate. Saat ini kecepatan modem telah mencapai 56 kbps, baik untuk modem internal maupun eksternal. Selain kecepatan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kemampuan data compression (pemampatan data) dan fasilitas error correction (koreksi kesalahan). Kemampuan kompresi data akan mempengaruhi kecepatan transfer untuk data-data yang berukuran besar.
Hal terpenting yang perlu diperhatikan pada saat membeli modem adalah :

- Kecepatan transfer data.
- Kemampuan memamfaatkan data.
- Fasilitas error correction.
  • Network Device adalah perangkat yang memungkinkan suatu komputer terhubung dengan komputer lain pada suatu jaringan (network) komputer. Perangkat ini berbentuk kartu jaringan yang dipasang pada slot ekspansi di mainboard komputer. Jenis kartu jaringan yang digunakan tergantung pada sistem jaringan yang digunakan, misalnya Ethernet, Token Ring atau Arc Net.
    Selanjutnya kartu jaringan ini akan terhubung dengan kabel yang menghubungkannya pada jaringan lain. Untuk bisa berfungsi kartu jaringan ini harus diset dengan sedemikian rupa sesuai sistem operasi jaringan yang digunakan. Beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kartu jaringan tersebut bisa dikenali oleh komputer adalah pengaturan alamat (address memory) dan nomor interrupt/IRQ yang digunakan oleh kartu tersebut. Dengan adanya fasilitas PnP (Plug and Play) komputer dapat menentukan sendiri pengaturan alamat dan interrupt tersebut.
Selain kartu jaringan, perangkat lain yang mungkin sering digunakan dalam penyusunan suatu jaringan komputer adalah hub, yaitu suatu alat yang berfungsi mengatur komunikasi data pada suatu komputer.
1.5. Perangkat Tambahan (periferal)
Untuk meningkatkan kinerja dari komputer, maka komputer harus memasukkan perangkat tambahan yang dipasang pada motherboardnya, terutama bagian yang bertugas menerima tambahan peralatan (expansion slot). Contoh periferal Ethernet card yang berguna untuk menguhubungkan komputer PC dengan komputer PC lainnya. Banyak periferal lain yang mampu menambah kemampuan komputer menjadi mesin yang lain.
1.6. Software (perangkat lunak)
merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Software terdiri dari beberapa jenis, yaitu :
  • Sistem Operasi, seperti DOS, Unix, Novell, OS/2, Windows, dll. adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masingnya dapat saling berkomunikasi. Tanpa ada sistem operasi maka komputer tak dapat difungsikan sama sekali.
  • Program Utility, seperti Norton Utility, Scandisk, PC Tools, dll berfungsi untuk membantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari system operasi, misalnya PC Tools dapat melakukan perintah format sebagaimana DOS, tapi PC Tools mampu memberikan keterangan dan animasi yang bagus dalam proses pemformatan. File yang telah dihapus oleh DOS tidak dapat dikembalikan lagi tapi dengan program bantu hal ini dapat dilakukan.
  • Program Aplikasi, seperti GL, MYOB, Payroll, dll Merupakan program yang khusus melakukan suatu pekerjaan tertentu, seperti program gaji pada suatu perusahaan. Maka program ini hanya digunakan oleh bagian keuangan saja tidak dapat digunakan oleh departemen yang lain. Biasanya program aplikasi ini dibuat oleh seorang programmer komputer sesuai dengan permintaan/kebutuhan seseorang / lembaga / perusahaan guna keperluan interennya.
  • Program Paket, seperti MS-Word, MS-Excel, Lotus 125, dll adalah program yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat digunakan oleh banyak orang dengan berbagai kepentingan. Seperti MS-Word, dapat digunakan oleh departemen keuangan untuk membuat nota, atau bagian administrasi untuk membuat surat penawaran dan lain sebagainya.
  • Bahasa Pemrograman, Pascal, Fortran, Clipper, dBase, dll merupakan software yang khusus digunakan untuk membuat program komputer, apakah itu sistem operasi, program paket dll. Bahasa pemrograman ini biasanya dibagi atas 3 tingkatan, yaitu:
  1. Low Level Language, bahasa pemrograman generasi pertama, bahasa pemrograman jenis ini sangat sulit dimengerti karena instruksinya menggunakan bahasa mesin. Biasanya yang mengerti hanyalah pembuatnya saja.
  2. Midle Level Language, merupakan bahasa pemrograman tingkat menengah dimana penggunaan instruksi sudah mendekati bahasa sehari-hari, walaupun begitu masih sulit untuk di mengerti karena banyak menggunakan singkatan-singakatan seperti STO artinya simpan (singkatan dari STORE) dan MOV artinya pindah (singkatan dari MOVE).Yang tergolong kedalam bahasa ini adalah Assembler, ForTran (Formula Translator).
  3. High Level Language, merupakan bahasa tingkat tinggi yang mempunyai ciri mudah dimengerti, karena menggunakan bahasa sehari-hari, seperti BASIC, COBOL, dBase dll.
1.7. Brainware (User)
adalah personil-personil yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti Sistem analis, programmer, operator, user, dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronic Data Processing), atau sering disebut dengan EDP Departemen, yang dikepalai oleh seorang Manager EDP.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

jgn lupa di sukai y?????????